Beranda | Artikel
Aqidah Ahlussunnah Dalam Meyakini Syafaat - Kitab Al-Ibanah (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)
Senin, 30 April 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Muhammad Nur Ihsan

Aqidah Ahlussunnah Dalam Meyakini Syafaat merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dalam pembahasan Kitab Al-Ibanah ‘an Ushul ad-Diyanah karya Syaikh Imam Abul Hasan Ali bin Ismail al-Asy’ari rahimahullah atau terkenal dengan sebutan Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah. Kajian ini disampaikan pada 27 Rajab 1439 H / 13 April 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Aqidah Ahlussunnah Dalam Memahami Takdir Allah Bagian 2

Kajian Aqidah Ahlussunnah Tentang Aqidah Ahlussunnah Dalam Meyakini Syafaat – Kitab Al-Ibanah

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas yang berkaitan dengan syafaat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan juga aqidah ahlussunnah tentang syafaat yang dalam hal ini Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah menjelaskan aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah dan diwaktu yang sama beliau membantah aqidah kaum Mu’tazilah yang mengingkari syafaat tersebut.

Hal ini merupakan pembahasan yang berkaitan dengan iman kepada hari akhir. Diantaranya adalah mengimani syafaat. Syafaat adalah permohonan yang disampaikan kepada orang yang memiliki kedudukan, kemudian permohonan tersebut diajukan kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Kita mengetahui bahwa peran Nabi, terkhusus Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau memiliki kedudukan yang tinggi disisi Allah subhanahu wa ta’ala.

Orang-orang yang beriman di Padang Mahsyar memohon kepada beliau agar Allah mepermudah urusan mereka dan menyegerakan keputusan yang maha adil. Maka permohonan mereka digabungkan kemudian diangkat kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Tentu sebelum itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memuji dan memuja Allah subhanahu wa ta’ala kemudian baru diizinkan untuk memberikan syafaat.

Syafaat tersebut terbagi kepada beberapa macam. Ada syafaat yang khusus dan istimewa bagi Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ada syafaat yang juga diberikan oleh selain Nabi. Yaitu para Malaikat, orang-orang beriman serta para sahabat.

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download MP3 Kajian Tentang Aqidah Ahlussunnah Dalam Meyakini Syafaat – Kitab Al-Ibanah

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/31017-aqidah-ahlussunnah-dalam-meyakini-syafaat-kitab-al-ibanah-ustadz-dr-muhammad-nur-ihsan-m/